Universitas Diponegoro menggelar Sidang Terbuka Senat Akademik pada hari Selasa, 8 Juni 2021 dengan acara Upacara Pengukuhan Prof. Ir. Nita Aryanti, S.T., M.T., Ph.D., Prof. Dr. Ing. Suherman, S.T., M.T. dan Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D. Sebagai Guru Besar Universitas Diponegoro.
Pengukuhan dilakukan secara langsung oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum dalam Rapat Terbuka Senat Akademik Undip yang dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Universitas Diponegoro. Dalam upacara pengukuhan ini juga dihadiri oleh para Dekan di lingkungan Universitas Diponegoro dan para tamu undangan serta dari keluarga Guru Besar yang dikukuhkan
Susunan Acara Pengukuhan sebagai berikut:
1. Peserta daring masuk melalui zoom meeting, peserta luring mempersiapkan diri.
2. Safety Induction oleh Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, dilanjutkan Penayangan ucapan selamat dari team PAK Universitas Diponegoro dan Ucapan Selamat dari para tokoh nasional untuk para Guru Besar.
3. Ketua Senat Akademik, Rektor, beserta Peserta Prosesi memasuki ruang upacara (lagu Indonesia Pusaka mengiringi Peserta Prosesi).
4. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
5. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Ketua Senat Akademik.
6. Rapat Terbuka Senat Akademik Universits Diponegoro dibuka oleh Ketua Senat Akademik.
7. Pengantar Ketua Senat Akademik Undip.
8. Pembacaan Riwayat Hidup calon Guru Besar oleh Sekretaris Senat Akademik Universitas Diponegoro.
9. Mars Universitas Diponegoro oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro.
10. Pidato Pengukuhan Guru Universitas Diponegoro oleh  Prof. Ir. Nita Aryanti, S.T., M.T., Ph.D., dengan judul “Teknologi Membran-Surfaktan Terintegrasi Untuk Penyisihan Zat Warna Pada Pengolahan Air Limbah”
11. Lagu persembahan pilihan Prof. Ir. Nita Aryanti, S.T., M.T., Ph.D., dengan judul Menjemput Impian by Kla Project oleh paduan suara mahasiswa Universitas Diponegoro
12. Pidato Pengukuhan Guru Universitas Diponegoro oleh Prof. Dr. Ing. Suherman, S.T., M.T., dengan judul “Pengembangan Pengering Surya Hibrid Untuk Peningkatan Kualitas Dan Kuantitas Produk Pangan Indonesia”
13. Lagu persembahan pilihan Prof. Dr. Ing. Suherman, S.T., M.T., dengan judul Mengejar Matahari by Ari Lasso Oleh paduan suara mahasiswa Universitas Diponegoro
14. Pidato Pengukuhan Guru Universitas Diponegoro oleh Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D., dengan judul “Rekonstruksi Model Perkembangan Karier Remaja: Menuju Indonesia Emas 2045”
15. Lagu persembahan pilihan Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D., dengan judul Over the Rainbow Oleh paduan suara mahasiswa Universitas Diponegoro
16. Pembacaan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Pengangkatan sebagai Guru Besar Pada Universitas Diponegoro oleh Ketua Dewan Profesor Universitas Diponegoro.
17. Pengukuhan sebagai Guru Besar Pada Universitas Diponegoro oleh Rektor didampingi Ketua Senat Akademik. Dilanjutkan pengalungan Samir Guru Besar (diiringi Lagu Bagimu Negeri)
18. Sambutan Rektor Universitas Diponegoro, dilanjutkan penayangan ucapan selamat dari Ketua Majelis Wali Amanat
19. Hymne Universitas Diponegoro oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro
20. Doa bersama
21. Rapat Terbuka Senat Akademik Universitas Diponegoro, ditutup oleh Ketua Senat Akademik.
22. Upacara Pengukuhan Prof. Ir. Nita Aryanti, S.T., M.T., Ph.D., Prof. Dr. Ing. Suherman, S.T., M.T. dan Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D. Sebagai Guru Besar Universitas Diponegoro, selesai.
23. Pemberian Ucapan Selamat.